Minggu, 06 Mei 2012

UNSUR PENTING DALAM KEHIDUPAN


Unsur-unsur penting dalam kehidupan

  1. Besi
Merupakan logam yang paling penting dalam kehidupan. Penggunaan besi dalam kehidupan merupakan yang terbanyak di banding logam lainnya. Besi merupakan logam yang paling mudah terkorosi. Oleh karena itu,sangat jarang besi digunakan dalam keadaan murninya,tetapi dalam bentuk campuran.
Besi di alam terdapat dalam bijih besi. Bijih besi ini kemudian diolah secara metalurgi dalam tanur tinggi,bahan-bahan yang dimasukkan dalam tanur adalah :
a.       bijih besi yang masih mengandung pengotor SiO2  P4O10 Al2O3;
b.      karbon sebagai pereduksi;
c.       batu kapur, CaCO3 untuk mengikat pengotor.
Besi cair yang diperoleh dari tanur dinamakan pig iron ( besi kasar), mengandung 95% Fe, 4% C, dan sedikit Si. Besi kasar kemudian didinginkan sebagai besi tuang ( cast iron ). pengotor yang ada di ikat dengan batu kapur melalui reaksi:
CaCO3        CaO + CO2
CaO + SiO2         CaSiO3  
CaO + P4O10          Ca3(PO4)2
CaO + Al2O3         Ca(AlO2)2
Besi yang sudah dibersihkan dapat dijadikan berbagai jenis baja, akan tetapi kadar karbonnya harus diturunkan terlebih dahulu. Besi yang mengandung karbon yang kadarnya rendah disebut besi tempo ( wrought iron ).
Baja adalah campuran logam bahan yang bahan dasarnya besi. Beberapa jenis baja yang dapat dihasilkan dari besi adalah:

Jenis baja
Unsur yang ditambahkan
Sifat baja
Baja mangan
11-14% Mn
Sangat keras
Baja kron
12-18% Cr
Tahan karat dan panas
Baja nikel
25% Ni
Kuat dan tahan karat
Stainles steel
18% Cr, 8% Ni
Tahan karat

  1. Tembaga
Tembaga merupakan logam yang berwarna kuning kemerahan. Dibanding besi, tembaga relatif lebih tahan terhadap korosi. Tembaga juga memiliki daya hantar listrik dan panas yang baik dibanding besi sehingga tembaga banyak digunakan untuk peralatan listrik. Seperti halnya besi, tembaga juga banyak digunakan sebagai logam campurannya, yaitu kuningan (campuran Cu dengan Zn) dan perunggu (campuran Cu dengan Sn).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar